Home > FreeBSD > You might ask why squid on pfsense is so slow?

You might ask why squid on pfsense is so slow?


Bagi yang pake Pfsense dan package squid nya di aktifin … pasti lemot dehh…. selidik punya selidik ternyata pfsense tersebut dikususkan pada class router, bukannya untuk server dengan beban tinggi sperti high load proxy server.


Ini saya peroleh setelah jalan jalan di http://forum.pfsense.org (http://forum.pfsense.org/index.php/topic,7911.30.html)

“you might ask why squid is so slow? its because default configuration of pfsense is router not as a server
thats why kern.ipc.nmbclusters=”0″ <- is set to zero. if you just simply remove this squid will be just fine.”

nah ini konfigurasi akan saya trial besok…

masukkan option di bawah ini pada /boot/loader.conf

kern.ipc.nmbclusters=32768
kern.maxfiles=65536
kern.maxfilesperproc=32768
net.inet.ip.portrange.last=65535

atau hapus saja dan ganti dengan ini

autoboot_delay=”1″
#kern.ipc.nmbclusters=”0″
hint.apic.0.disabled=1
kern.hz=100

#kalau hanya untuk tuning squid pakai dibawah ini saja
kern.ipc.nmbclusters=”32768″
kern.maxfiles=”65536″
kern.maxfilesperproc=”32768″
net.inet.ip.portrange.last=”65535″

Nah sekarang bisa di lihat perbandingannya…. hehe 🙂 saya akan coba …….

Categories: FreeBSD Tags: , ,
  1. October 11, 2008 at 11:17 pm

    Agh…. akhirnya it’s work….!!!

  2. mafood
    March 3, 2009 at 1:15 pm

    halo om, wah kok tutornya bukan buat pemula seperti saya kyknya, saya ada 2 pertanyaan nih:

    1. {“thats why kern.ipc.nmbclusters=”0″ <- is set to zero. if you just simply remove this squid will be just fine.” “} . itu ngeremovenya dimn/ lewat apa?
    2. /boot/loader.conf itu letaknya dimn? proses pengeditan file2 tsb dimohon dijabarkan step by step, apa lewat GUI windows / lewat console? kalo lewat console itu masuk menu yg mana?

    barusan saya instal load balancing 2 speedy lewat pfsense dan rencananya akan saya perkuat koneksi lewat squid proxy. saya tunggu reply nya.

  3. April 11, 2009 at 11:03 pm

    lumayan beda……. agak ngacir….. hehehehe thanks yah

  4. April 13, 2009 at 9:40 am

    waduh… dah lama gwa pensiunkan pfsense nya … bentar saya terawang dulu hehe 🙂

    masuk lewat shell console, klo gak salah pilih angka 8 untuk ke console yah ?

    nah klo dah masuk console edit aja file loader.conf nya

    #ee /boot/loader.conf

    trus simpan dan restart

    silakan di coba deh…

    untuk load balancing, sejauh pengetahuan saya yang saya dapatkan dari internet, sebaiknya di pisah dari squid proxy.
    jadi klo bisa squidproxy –> Loadbalancing –> router/modem —> internet
    coba cari cari lagi di google deh

  5. February 19, 2011 at 9:49 pm

    rencananya saya mau pakai pfsense, untuk warnet yang enak pakai pakai apa??

  6. February 20, 2011 at 9:58 pm

    Selama ini saya pernah setup warnet teman, Akses internet menggunakan dua line speedy yang di loadbalancing, dan untuk cache server saya menggunakan SQUID, PF, Routing dengan menggunakan FreeBSD sebagai OS.
    Jadi saran saya gunakan saja SQUID untuk proxy Untuk OS bisa gunakan FreeBSD, Linux, atau OS favorit anda. Karena dengan system ini saya bisa lebih leluasa untuk memaksimalkan kinerja squid dan FreeBSD tersebut.
    Tetapi jika anda tidak ingin repot anda bisa gunakan saja PFsense tersebut karena karena semua managementnya sudah berbasis GUI.

    Semoga bisa menjadi advice buat anda untuk memilih yg terbaik..

  7. August 2, 2011 at 7:34 pm

    jadi…. fungsi dari pada PFsense itu untuk apa mas, apa hanya untuk routing atau ke client aja, apa gak bisa di redirect ke mikrotik mas, mohon penjelasannya mas,

  8. August 3, 2011 at 8:11 am

    Fungsi PFsense sebenernya hampir sama dengan mikrotik jadi pilih salah satu aja pake mikrotik apa pfsense saja.

    Klo pengen tahu lebih banyak soal fungsinya ke tkp aja neh :
    http://www.pfsense.org/index.php?option=com_content&task=view&id=40&Itemid=43

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

